Ratapan Amatir Jomblo Perantauan


Coretan gabut di tengah pandemi Covid-19 ini. Semoga semuanya segera membaik :')


Sebelumnya makasih untuk temen-temen yang udah bersedia mengunjungi blog ini dan membaca tentunya. Jangan berharap setelah kalian baca sampai tuntas mendapat ilmu yang proper atau bahkan menjadi orang yang lebih baik. Karena gue bukan siapa-siapa. Tapi semoga kalian enjoy dan bisa sedikit mengambil manfaat dari sini :)

***

Judulnya menurut gue sedikit menyeramkan, tapi memang itu kenyataannya. Setelah bingung cari judul, akhirnya judul inilah yang cocok untuk menggambarkan kondisi gue saat ini. Seorang jomblo perantauan yang sedang meratapi nasib saat pandemi. Menyedihkan.

Actually, udah 2 tahun 8 bulan 14 hari gue menjadi anak rantau di ibukota. Masih hitungan sebentar dan amatir tentunya. Dibandingkan perantau lain, gue termasuk orang yang sering pulang kampung. Karena emang deket sih, sekitar 3-4 jam perjalanan dari Jakarta. Biasanya pulang sebulan atau dua bulan sekali dan abis gajian. Paling lama pernah sampe tiga bulan baru pulang. Termasuk sering pulang dibanding anak rantau lain, tapi dibandingkan temen kantor (yang se-kampung juga) gue termasuk yang jarang pulang.

Kemarin-kemarin sempet galau antara pulang atau tetep di Jakarta. Awal-awalnya gue so’ strong gitu. Ketika yang lain pulang gue memutuskan untuk tetep disini, nurut sama pemerintah. Dan sekitar tiga minggu setelah itu, banyak banget pikiran yang mampir dan bikin gue pengen pulang. Gue dilema, homesick, sampe nangis karena banyak pikiran yang tiba-tiba menghampiri.

Gimana kalau gue meninggal dan belum jadi anak yang baik buat orangtua gue? Gimana kalau orangtua gue meninggal dan gue gak ada di saat-saat terakhir mereka? Setidaknya kalau gue sama mereka gue bisa bantu-bantu beres-beres rumah or anything-lah. Daripada gabut di kostan.  WFH pun lagi gak banyak kerjaan. Apa gue pulang aja? Banyak juga kok orang yang pulang. Kayaknya aman-aman aja.

Sisi yang lain bilang. Jul, inget. Nurut sama pemerintah, jangan pulang. Emang lo gak mau juga nurut sama haditsnya Rasulullah? Gimana kalau ada kerjaan tiba-tiba? Gimana kalau harus disuruh ke kantor? Gimana kalau lo bawa virus-nya ke kampung? Emang pulang bakal bikin kondisi jadi lebih baik?

Sering banget perdebatan kayak gitu terjadi dan bikin gue bingung harus kayak gimana menghadapi kondisi dan situasi seperti ini. Semua hal udah dilakuin buat bikin gue gak mikirin pulang. Tapi jadinya malah tambah kepikiran. Gak tau harus kayak gimana. Dilema dan bingung pokoknya.

Gue sendirian di kostan, segan buat minta bantuan juga ke orang lain. Kalaupun cerita ke orangtua itu pasti bikin mereka tambah khawatir. Frustasi banget. Sempet gue cerita ke temen yang senasib. Mereka juga bingung harus kasih solusi kayak gimana. Tapi setidaknya kita sama-sama kasih support walaupun hati kecil tetep gak tenang.

Ya, akhirnya gue curhatin semua itu ke Sang Maha Segalanya. Gue curhatin dah semuanya ke Allah. Nangis-nangis sambil doa (alay emang). Minta tetep dikuatin biar sabar dan gak pengen pulang. Berharap semuanya kembali seperti semula. Dan sebagainya dan sebagainya. Ya, karena cuma Allah yang bisa healing segala beban gue.

Akhirnya pikiran ini muncul gitu aja. Ini sedikit serem atau mungkin hiperbola sih, tapi tetep mau gue ceritain.

Jul, lo masih idup dan sehat walaupun sendirian. Masih banyak fasilitas, masih dapet rizki, tempat tidur yang layak. Kenapa mesti galau? Gimana nanti di alam barzakh? Lo gak bisa ngapa-ngapain pas lagi ditanya sama malaikat. Gimana nanti di padang mahsyar? Gak ada yang bisa bantu lo juga. Aslinya lo emang selalu sendirian jul. Lo bareng-bareng dengan amalan lo, dan Allah tentunya.

Dan gue tambah nangis lagi.

Kenapa mesti galau-in yang bukan seharusnya digalau-in? Padahal masih banyak hal lain yang butuh perhatian. Emang bekal selama ini udah cukup buat nanti happy-ending ever-after di akhirat?

Setelah pikiran ini muncul akhirnya gue tersadar. Dimanapun kita berada gak ada tempat yang aman. Bukannya malaikat maut datang kapanpun dan dimanapun? Dan kita gak bisa tolak kedatangannya.

Gue juga ngerasa jadi hamba yang buruk banget sih. Buruk banget beneran. Kenapa mesti Allah ­gini-in dulu baru kesadar? Kenapa mesti ditampar dulu baru bangun? Betapa rendahnya kadar keimanan gue :’(

Yang jelas, saat ini gue memutuskan untuk GAK MUDIK DULU. Walaupun berat banget sih. Beneran berat. Kalau dibayangin pengen nangis. Apalagi pas nanti bulan Ramadhan. Bakal kerasa panjang banget kayaknya. Belum lagi lebaran-nya gak bareng keluarga :’((

Semua orang pasti punya kesulitan masing-masing saat ini. Selagi masih diberi banyak banget kenikmatan, gue harusnya bersyukur. Masih banyak orang lain yang jauh lebih sulit daripada gue, dan mereka masih bisa bersyukur dan bersabar. Gue malu kalau lihat mereka. Asli.

Gue yakin bisa ngadepin ini semua. Disinilah tempat gue praktek-in ketahanan sabar dan rasa rindu gue. Tetep stay di kostan, dan gak kemana-mana kalau gak penting banget. Tetep belajar banyak hal, dan terus laku-in hal positif. Gue yakin, Allah bakal kasih hadiah yang spesial nantinya. 

So, untuk kalian yang #dirumahaja bareng orangtua dan keluarga, manfaatin waktu kalian dengan baik. Karena gue pengen kayak gitu tapi lagi gak bisa. Untuk kalian yang sama-sama “Jomblo Perantauan” tetep semangat terus jalanin aktivitasnya. Manfaatin fasilitas yang ada dan tetep produktif. Keep contact sama keluarga di kampung juga. Yaa semoga aja status kalian setelah pandemi gak jomblo lagi #jiaaahhh :D

Segitu aja yang mau gue ceritain. Walaupun mungkin cerita ini absurd, gak jelas, terlalu melankolis dan dramatis, tapi itu yang memang gue rasa-in. Tetep semangat semuanyaaaa! <3 <3 <3

Fighting!

Comments

Popular Posts