Dibalik Cireng Isi





        Pagi ini aku bertemu dengan bapak penjual cireng isi. Kebetulan lewat depan kostan. Sebenarnya aku keluar kostan pun bingung ingin membeli apa untuk sarapan. Tapi entah kenapa seperti tergerak untuk keluar kostan. Hingga akhirnya aku membeli cireng yang lewat depan mata.
         "Neng cireng? bapak itu mendekat sembari menawarkan dagangannya. Aku tertarik karena baru menemukan penjual cireng isi disini
          “Oh iya pak, berapaan?”
          “2 ribuan neng”
          “Oh yaudah pak, 10 aja”
          “Neng, tunggu ya. Minyak nya dingin, dipanasin dulu”
          “Oh iya pak, gak apa-apa”
“Sepi sekarang dimana-mana, pada takut ketularan”
“Iya pak.” Aku akhiri dengan senyum.
Untuk beberapa saat kami belum berbincang. Hingga kemudian bapak itu yang memulai percakapan.
“Neng sunda apa jawa?”
“Sunda pak”
“Oh sunda. Sunda na palih mana neng? (Sundanya sebelah mana neng)” mulailah percakapan dengan bahasa sunda. Gak tau kenapa, kalau ketemu orang sunda disini, ngerasa bahagia.
Abdi ti Sukabumi Pak (Saya dari Sukabumi Pak)”
“Oh, Neng di cisaat?”
Sanes pak, abdi di kota na. Lewat Cisaat. Bapak kapungkur ti Cisaat? (Bukan pak, saya di kotanya. Melewati Cisaat. Bapak juga dari Cisaat)”
Kakak ipar abdi neng. Pas pisan di Cisaat-na. Eneng sok uih dina kareta berarti nya? (Kakak ipar saya neng. Pas banget di Cisaat. Eneng suka pulang pakai kereta ya)”
Muhun Pak, hehe. Ari bapak timana? (Iya Pak, hehe. Kalau Bapak dari mana)”
Abdi mah ti Kuningan neng (Saya dari Kuningan neng)”
Oh, tebih atuh. Bapak linggih dimana? (Oh, jauh. Bapak tinggal dimana)”
Di Cikoko Barat 2 palih dinya, caket TK Al-Wafi. (Di Cikoko Barat 2 sebelah sana, deket TK Al-Wafi”
Tapi abdi ge teu pati terang daerah dieu sih pak, hehe (Tapi saya juga gak terlalu tau daerah sini sih pak, hehe)”
          Kami terus bercakap-cakap. Katanya Bapak pertama kali ke Jakarta tinggal di Cikoko selama 15 tahun. Kemudian pindah ke Jakarta bagian lain. Lalu pindah lagi kesini. Awalnya Bapak berjualan nasi. Hingga lapaknya berjualan dibangun hotel dan menjadi pedagang cireng keliling. (Satu sisi ini yang membuat aku merasa bersalah karena kerja di perusahaan kontraktor).
          Dari awal mula bertemu bapak ini, sudah terlihat jelas sekali di wajahnya, kalau akhir-akhir ini penghasilan beliau tidak seperti biasanya. Bisa dipastikan karena seminggu kemarin sekolah libur. Tentunya, anak sekolah yang biasanya jajan sekarang sudah tidak ada lagi. Apalagi kalau bukan akibat dari masifnya penyebaran virus Covid-19.
            Bapak punya tiga orang anak. Anak pertama sudah lulus S1 dan bekerja di Bank. Anak kedua masih kuliah semester 4. Dan anak terakhir masih sekolah.
Bapak bilang, “Seueur biaya-eun teh neng, tapi da bapak mah ngan tiasa kieu atuh (Banyak yang perlu dibiaya-in neng, tapi bapak Cuma bisa dagang seperti ini aja).”
Justru Alhamdulillah Pak, Bapak tiasa keneh nga-biaya-an putra bapak kuliah. Da rejeki mah aya wae (Justru Alhamdulillah Pak, Bapak masih bisa membiayai anak bapak kuliah. Rezeki kan selalu ada)”
Muhun neng. Putra bapak ge yuswana tos 27 taun, tapi geuning meuni teu aya anu deket teh. Padahal loba anu resepen teh. Ngan kitu we geuning. (Iya neng. Anak bapak umurnya udah 27 tahun. Tapi gak ada yang deket. Padahal banyak yang suka. Tapi malah kayak gitu)” Maksud Bapak anaknya belum deket sama perempuan.
Aku tertawa ringan, “Da pasti hoyong fokus damel heula meureun pak. Kanggo keluarga (Pasti mau fokus kerja dulu pak. Buat keluarga)”
         Da saur na teh aya keneh dua adi anu kudu di biaya-an. Bapak ge da piraku teu damel mah, da masih bisa damel (Kata dia masih ada dua adik yang harus dibiayai. Ya, masa Bapak gak kerja, Bapak kan masih bisa kerja)” Bapak itu menambahkan.
          Ari bapak yuswana sabaraha? (Kalau bapak umurnya berapa)”
          Abdi tos 56 taun neng (Saya udah 56 tahun neng)”
          Atuh alhamdulillah pak, jagjag keneh (Alhamdulillah pak, masih kuat)”
       Muhun neng, da lamun Bapak uih ka kampung oge pasti nyangkul di sawah. Bapa mah da orang kampung. Naon deui atuh (Iya neng, kalau Bapak pulang ke kampung juga pasti nyangkul di sawah. Bapak kan cuma orang kampung. Mau ngapain lagi)”
       Nyaeta pak, da teu genah oge mun di bumi ngan cicing hungkul (Iya pak, gak enak juga kalau di rumah Cuma diem aja)”
      Doakeun abdi nya neng, sing kengeng lapak kanggo icalan nasi deui (Doakan saya ya neng, semoga bapak dapet lapak buat jualan nasi lagi)”
       “Aamiin pak, aamiin."
       Setelah ini Bapak berbicara satu hal yang membuat hatiku terenyuh. Serasa ditampar bulak-balik.
      Bapak mah mun damel teh da tara menta nu sanes, niat bapak mah ibadah we. Tinggal Gusti Allah anu masihan rejeki na (Bapak kalau kerja gak suka minta muluk-muluk, niat bapak untuk ibadah. Selanjutnya Allah yang akan kasih rezekinya)”
         Muhun pak (Iya pak)” hanya itu responku.
         Hati dan pikiranku berkecamuk saat itu juga. Apakah aku sudah se-tawakkal itu?
     Tak lama kemudian, cireng pesananku sudah matang. Setelah bertransaksi kami sama-sama mengucapkan terimakasih. Lalu aku kembali ke kostan.
         Sampai di kamar aku pandangi cireng itu. Kemudian aku coba makan. Entah kapan terakhir kali aku makan cireng isi, dan beneran enak. Bukan hanya soal rasa. Ada ikhlas dan tawakkalnya Bapak Cireng dalam setiap cireng yang aku makan.
         Yang aku garis bawahi dari Bapak penjual cireng adalah tentang niatnya hanya untuk beribadah. Tentang ikhlas dan tawakkal, ditambah dengan keyakinan bahwa Allah yang akan memberi rezeki. Sesulit apapun keadaan yang sedang dialami.
        Mungkin ini terkesan hiperbola, tapi di setiap cireng yang dia jual didalamnya ada ikhtiar, doa, keihklasan dan tawakkal yang selalu menjadi tumpuan. Menjadikan keyakinan bahwa Allah itu Ar-Rahman dan Ar-Rahim.
        Aku jadi ingat pesan Bapakku, Bapak Teristimewa-ku, Mr. Deni Ramdani,
      Teh, cari ilmu itu gak mesti selalu lewat perkuliahan atau kajian. Kadang saat perjalanan ke pengajian banyak ilmu yang di dapet. Kamu tau tujuan dakwah yang sebenarnya itu apa? Bukan supaya kita mendakwahi orang lain. Tapi untuk mendakwahi diri sendiri, supaya lebih baik lagi. Percuma kalau kamu fokus buat dakwah-in orang lain, tapi diri sendiri masih gitu-gitu aja”
        This is a deep message, yang bikin aku ketampar. Lewat Bapak cireng, pesan itu muncul lagi ke permukaan. Ilmu kehidupan jauh lebih mahal dan tidak bisa dibandingkan dengan materi, dibanding dengan ilmu manapun.
      Di tengah pandemik yang terus menyebar secara masif. Setelah kita berikhtiar, senjata utama lainnya adalah terus berdoa. Diluar sana masih banyak masyarakat yang bernasib sama seperti Bapak Cireng, atau bahkan lebih tidak baik lagi. Pekerja harian yang pemasukkannya cukup untuk besok makan. Itu pun tidak pasti.
      Apa kabarnya dengan aku yang nasibnya lebih baik, tapi terus khawatir akan hari esok? Apa kabar dengan aku yang gelisah dan takut kepada kehidupan dunia?
        Aku masih jauh dari baik. Aku juga bukan siapa-siapa. Aku hanya ingin membagikan apa yang aku alami. Semoga bisa menjadi pelajaran untuk kita semua.
       Oh iya, aku tulis ini untuk mengisi kegabutanku. Maaf juga aku lupa tanya siapa nama Bapak Penjual Cireng tadi, hehe.

Comments

Post a Comment

Popular Posts